El Shaarawy Akhirnya Pulang ke Italia

El Shaarawy Akhirnya Pulang ke Italia

Stephan El Shaarawy siap membela AS Roma dalam sisa musim yang dijalani. Pemain AC Milan ini dipinjamkan setelah beberapa waktu bermain di AS Monaco. Peminjaman ke klub Ligue 1 itu ternyata kurang memuaskan. Ada kemungkinan bahwa ia sulit beradaptasi dengan atmosfir kompetisi yang berlangsung di sana. Kini, ia siap menjalani sisa musim bersama AS Roma yang notabene juga salah satu rival penting AC Milan di Serie A Italia.

Stephan El Shaarawy Monaco
Stephan El Shaarawy Monaco

Pemain yang berusia 23 tahun ini diharapkan bisa mengembalikan kekuatan terbaiknya setelah pulang ke Serie A Italia. Kehadirannya di AS Roma nanti sekaligus juga akan menjadi faktor yang menentukan bagi AC Milan apakah dirinya memang layak dan siap untuk kembali pulang ke San Siro.

Kembalinya The Pharaoh ke Italia

Pemain muda ini punya julukan The Pharaoh karena dilahirkan sebagai keturunan Mesir-Italia. Ibu berdarah Italia dan ayah berdarah Mesir. Julukan itu pun disematkan pada pemain kelahiran Savona ini. Karirnya diawali sejak usia belia, tepatnya 14 tahun. Waktu itu, ia bergabung dengan Genoa. Akhir tahun 2008 adalah debutnya bermain tepat ketika menginjak usia 16 tahun. Momen itulah yang sekaligus menempatkan dirinya sebagai sosok pemain muda ketiga di Serie A Italia.

Kedatangannya ke AC Milan terjadi pada tiga tahun berikutnya, tepatnya 25 Juni 2011. Debutnya di AC Milan mengejutkan banyak pihak karena ia langsung mencetak gol tepat tiga hari setelah bergabung ke San Siro. Posisinya waktu itu sebagai pemain pengganti. Satu gol yang diciptakannya waktu itu membuat kedudukan imbang 1-1 saat melawan Udinese di San Siro.

El Shaarawy juga pernah menjadi pencetak gol termuda dalam ajang Champions saat pertandingan melawan Zenit pada 3 Oktober 2012. Waktu itu usianya baru 19 tahun. Gol yang diciptakannya itu sekaligus melambungkan popularitasnya sebagai sosok pemain muda keturunan Mesir dari Italia dalam ajang internasional. Sementara itu, ia juga membuktikan bahwa publik Italia semakin bersahabat dengan wajah-wajah keturunan dalam skuad Italia, baik dalam skala liga atau ajang kenegaraan.

Tampil di Tim Nasional

El Shaarawy juga tergabung dalam tim nasional Italia. Debutnya diawali pada 2012 saat melawan Inggris dalam laga persahabatan. Golnya untuk tim nasional diciptakan saat melawan Prancis tiga bulan berikutnya dengan hasil kemenangan Italia 2-1. Penampilannya di tim nasional semakin mengukuhkan reputasi sebagai salah satu pemain masa depan Italia. Tim nasional Italia saat ini sedang membangun kekuatan dari para pemain muda yang diharapkan mampu menciptakan skuad terkuat.  Kehadiran El Shaarawy jelas sangat membantu untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Posisi yang bisa ditempati oleh pemain ini adalah sayap kiri. Namun dengan bakat teknik dribbling serta kecepatan dan kelincahan, ia mampu ditempatkan secara fleksibel. Kadang, ia dipasang sebagai gelandang serang atau penyerang. Berkali-kali ia membuktikan bahwa dirinya memang bisa bermain di semua posisi tersebut. Pemain yang mengidolakan dan sekaligus sangat menghormati Kaka memiliki bakat dan kemampuan yang cukup jarang ditemukan dari pemain lokal Italia dewasa ini. Hal itu diakui sendiri oleh salah satu legenda AC Milan, Jose Altafini. Ia menyebutnya sebagai pemain yang kerap mengingatkan dirinya pada Messi dan Neymar. Anggapan yang tidak berlebihan karena El Shaarawy selalu mampu menguasai teknik olahan bola sehingga seolah-olah melekat pada kedua kakinya. Uniknya, El Shaarawy ternyata juga pernah bersanding dengan Messi dalam sebuah sampul majalah FIFA Italia. Namun Altafini juga mengingat bahwa pemain seperti El Shaarawy seharusnya jangan dibebani banyak hal di atas lapangan.

Fakta lain dari pemain ini ialah pernah menjadi pemain terbaik versi Serie B dan Serie A Italia. Penghargaan pertama diperolehnya tahun 2011. Setahun berikutnya, ia menyandang penghargaan yang sama untuk Serie A Italia. The Guardian bahkan pernah memasukkan namanya dalam daftar seratus pemain sepakbola terbaik dunia tahun 2012. Kini, ia resmi bergabung di Olimpico. Mampukah ia membuktikan reputasi dan berbagai penghargaan yang telah diraihnya selama ini? Kita tunggu saja aksinya bersama AS Roma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *