LEE Chong Wei Jalani Persiapan Menuju Olimpiade 2016

LEE Chong Wei Jalani Persiapan Menuju Olimpiade 2016 – Lee Chong Wei harus mengakui kehandalan pemain asal India, K Srikanth. Pemain utama Malaysia ini tumbang di ajang PBL (Liga Bulu Tangkis Utama) India. Kompetisi ini digelari pada 4 Januari 2016 di Mumbai, India. Srikanth adalah pemain berperingkat 9 dunia, tapi mampu mengalahkan Chong Wei melalui tiga gim.

LEE Chong Wei Jalani Persiapan Menuju Olimpiade 2016

LEE Chong Wei Jalani Persiapan Menuju Olimpiade 2016

Turnamen bulu tangkis ini menerapkan format pertandingan yang lama, dengan 15 poin per gimnya. Penampilan Chong Wei kali ini untuk mendukung tim Hydrabad Hunters. Kemenangan yang diperoleh Hunters, salah satunya ditunjang oleh pasangan Markis Kido asal Indonesia dan Carsten Mogesen asal Denmark. Mereka mampu menumbangkan pasangan ganda asal Malaysia, yaitu Lim Kim Wah dan Hoon Thien How.

Kemenangan atas Chong wei adalah kesempatan pertama bagi Srikanth. Setidaknya setelah empat pertemuan, baru kali ini bisa meraih kemenangan. Chong Wei adalah pemain bulu tangkis paling mahal, yang berlaga di PBL. Bayarannya sangat fantastis, mencapai 100 ribu Dollar AS atau setara dengan 1,38 miliar rupiah. Kompetisi PBL ini digelar sejak 2 Januari 2016 di Kota Mumbai. Sedangkan partai final akan dihelat pada 17 Januari 2016 di New Delhi, India.

Lee Chong Wei dilatih oleh Hendrawan

Saat ini Chong Wei dibawah asuhan salah satu mantan pemain terbaik  dunia asal Indonesia yaitu Hendrawan. Gaya kepelatihannya juga sangat disenangi oleh bintang bulu tangkis asal Malaysia tersebut. Sejak tahun 2014 silam, BAM atau Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia dengan resmi merekrut Hndrawan sebagai pelatih Chong Wei. Sekaligus untuk mempersiapkan pemain ini dalam mengikuti kejuaraan Olimpiade Rio tahun 2016 mendatang.

Chong Wei mengaku kalau kehadiran sang pelatih tersebut, memberikan dampak positif yang sangat besar bagi perkembangan kariernya. Dia juga bisa bangkit, saat terbukti menggunakan doping di kejuaraan dunia 2014. Kala itu Chong Wei harus menerima sanksi, dengan tidak bisa bertanding selama 8 bulan lamanya.

Pemain ini mengakui kalau belakangan ini, gaya bermainnya terlihat sangat berubah. Semuanya itu memang karena pengaruh dari pelatih Hendrawan. Apalagi pasca dirinya berhasil menyabet tiga gelar di ajang superseries. Chong Wei berhasil meraih gelar pada tiga turnamen premier (superseries) di akhir musim ini. Turnamen ini adalah Hong Kong Terbuka, China Terbuka dan Prancis Terbuka.

Sebagai persiapannya menuju kompetisi akbar di Olimpiade, Chong Wei tidak akan banyak berlaga di banyak turnamen di musim mendatang. Tetapi, Hendrawan sudah menyiapkan setidaknya tiga ajang untuk diikuti Lee Chong Wei. Ketiga kompetisi itu adalah Malaysian Masters 2016 di Penang, kemudian Kejuaraan Asia tahun 2016 di Hydraabad di India dan juga All england 2016 yang akan dihelat di Birmingham, Inggris.

Hendrawan adalah mantan juara dunia tahun 2001 dan sangat tepat melatih Chong Wei. Sang pelatih ini mengakui kalau faktor usia juga memberikan kendala, saat membangkitkan semangat pemain ini pasca dijatuhi skorsing 8 bulan. Bagi Hendrawan memang tidak gampang mengasuh Chong wei, apalagi untuk persiapan menghadapi event dunia.

Sang pelatih harus fokus untuk meningkatkan rasa percaya dirinya. Khususnya untuk melakoni laga di ajang Olimpiade Rio de Janeiro di tahun 2016 nanti. Selain itu, fisik pemain ini juga harus terus ditempa, agar tidak lagi berbuat curang dengan menggunakan doping. Seperti diketahui, sebelumnya Chong Wei berhasil lolos ke partai final sebanyak dua kali, di kompetisi Olimpiade di tahun 2008 dan tahun 2012. Sayang dia selalu saja dikalahkan oleh Lin Dan, yang merupakan pemain andalan Tiongkok.

Sebagai penyemangat bagi kaum muda, Chong Wei dan Lin Dan bahkan terlibat dalam penggarapan sebuah film layar lebar. Rencananya film ini sudah bisa ditonton di bioskop pada tahun ini. Film ini pun bercerita seputar dunia olahraga bulu tangkis. Film tersebut berjudul I am a Hero, yang digarap oleh sutradara bernama Wang Xiaoshuai.

Pendukung Chong Wei tentunya sangat berharap kalau pemain ini bisa menjuarai Olimpiade. Sebelum itu dirinya juga bisa tampil maksimal di ketiga turnamen yang sudah dipersiapkan oleh sang pelatih. Kerjasama yang kompak antara Hendrawan akan diharapkan akan memberikan semangat dan peningkatan kemampuan bagiLee Chong Wei. Itulah yang di lakukan LEE Chong Wei Jalani Persiapan Menuju Olimpiade 2016.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *