Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tim Muda Dipersiapkan untuk Kualifikasi Thomas dan Uber 2016

Tim Muda Dipersiapkan untuk Kualifikasi Thomas dan Uber 2016 – Kualifikasi Piala Thomas dan Piala Uber 2016 akan segera berlangsung. PBSI kali ini mempersiapkan sejumlah pemain muda untuk turnamen beregu. Babak kualifikasi kali ini akan diselenggarakan di India mulai 15 sampai 21 Februari nanti. Sejumlah nama muda pun telah dipersiapkan, mulai dari Gregoria Mariska, Fitriani, Anthony Sinisuka Ginting, dan Jonatan Christie. PBSI kali ini menaruh kepercayaan pada para pemain muda yang diharapkan bisa memperkuad skuad Merah Putih demi lolos babak kualifikasi nanti.

Tim Muda Dipersiapkan untuk Kualifikasi Thomas dan Uber 2016

Gabungan Skuad Muda dan Senior

Kehadiran para pemain muda dalam turnamen beregu diharapkan bisa menyempurnakan tim bulu tangkis Indonesia. Selain itu, jam terbang dan pengalaman mereka akan semakin meningkat seiring dengan jumlah kompetisi yang diikuti. Kombinasi antara pemain senior dan muda diharapkan akan menciptakan hubungan positif yang mampu membangkitkan potensi dan mutu dari masing-masing pemain. Sementara itu, babak kualifikasi kali ini akan menjadi sarana untuk menggembleng mental dan kemampuan dari para pemain muda.

Merebut Poin Tambahan Olimpiade

Diselenggarakannya babak kualifikasi kali ini berbeda dengan dua tahun silam. Babak ini diselenggarakan bukan cuma untuk memperoleh tiket ke putaran Piala Thomas dan Uber. Namun ada misi penting lainnya dari masing-masing negara peserta demi memperoleh poin tambahan menuju Olimpiade di Brasil. Juara bertahan Jepang bahkan mengikuti babak kualifikasi kali ini demi mengincar poin tambahan. Begitu juga dengan tuan rumah Tiongkok yang tak ketinggalan berpartisipasi dalam babak kualifikasi. Dua negara tersebut merupakan calon lawan terberat bagi Indonesia selain Korea Selatan.

Persiapan kali ini cukup terbatas karena jadwal yang dijalani oleh para pemain sangat padat. Jadi, tidak ada sistem training camp seperti yang diselenggarakan dua tahun lalu. Namun dengan singkatnya persiapan kali ini, PBSI masih merasa sangat optimis bahwa tim yang dipersiapkan nanti mampu menjalani babak demi babak secara maksimal.

Dengan persiapan yang dijalankan secara terbatas, masing-masing pemain muda diharapkan bisa segera menyesuaikan diri dengan ketatnya jadwal yang dijalani. Sementara itu, PBSI akan mengupayakan program dan fasilitas yang sebaik-baiknya demi mengasah dan mematangkan bakat dari setiap pemain muda menjelang Piala Thomas dan Uber 2016.

Pengembangan Bibit Muda

Untuk memproyeksikan rencana PBSI di masa depan, berbagai program pun diselenggarakan. Misalnya dengan penyelenggaraan Apacs Junior Master 2015 lalu. Sudah ada program pemantauan langsung pada setiap bibit muda yang dianggap sangat potensial untuk mengikuti berbagai turnamen dunia.

Ada sejumlah kategorisasi dalam pemantauan dan pencatatan potensi atlit muda. Pertama-tama adalah pengukuran kemampuan menyerang, bertahan, dan teknik pukulan. Kategori kedua adalah mengamati tingkat akurasi dan keamanan pukulan dari setiap pemain. Aspek berikutnya adalah fairplay. Setiap pemain akan memiliki nilai berdasarkan kemampuan mereka menghadapi berbagai situasi yang menyulitkan mereka. Kategori lainnya adalah kemampuan kaki di lapangan. Meski olahraga ini mengandalkan pukulan raket, namun tak pernah bisa dilepaskan dari peran kaki. Hal itu akan menjadi bahan pertimbangan yang kuat untuk mengamati kualitas seorang pemain muda terutama untuk jangkauan yang tinggi dan rapat.

Oleh karena itu, sudah dilakukan program pengukuran postur tubuh untuk memudahkan PBSI dalam mengkategorikan setiap pemain. Program pencatatan ini akan menjadi bahan statistik yang kelak akan berpengaruh pada masa depan pemain. PBSI selama ini telah menerapkan program ketat untuk selalu mencatat dan mengevaluasi hasil dari setiap kualitas yang ditunjukkan oleh masing-masing pemain muda.

Program pengembangan bibit muda di bidang bulu tangkis menjadi salah satu sarana pemerintah untuk meningkatkan mutu di bidang olahraga. Apalagi dengan ketatnya persaingan di cabang-cabang tertentu yang memunculkan sejumlah lawan baru dan kuat dari negara-negara lain.

Tim Muda Dipersiapkan untuk Kualifikasi Thomas dan Uber 2016 menjelang diselenggarakannya ajang Piala Thomas dan Uber, Indonesia harus mampu mengembalikan reputasi mereka sebagai sebuah negara yang menyimpan banyak bakat luar biasa. Di era silam, banyak atlit bulu tangkis Indonesia yang diakui dan dihormati oleh banyak negara. Kini, sudah saatnya Indonesia menanamkan kembali sikap rasa percaya diri diiringi oleh pengembangan bakat dari para pemain mudanya menjelang Kualifikasi Piala Thomas dan Piala Uber 2016.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *